Inilah 4 Tempat Wisata Mistis Yang Ada di Indonesia

Inilah 4 Tempat Wisata Mistis Yang Ada di Indonesia

Zelote Travel – Negara kita Indonesia adalah satu negara yang kaya dengan legenda. Indonesia berikan kita keindahan alam, kekhasan budaya riwayat serta bahkan juga wisata-wisata yang semua bersentuhan dengan aroma mistis termasuk juga bangunan-bangunan tua saksi kolonialisme waktu penjajahan. Jika bicara bangunan tua, kuburan serta kematian, seolah langsung membuat bulu kuduk kita berdiri. Akan tetapi, bangunan tua ataupun kuburan yang sama dengan kesan-kesan menyeramkan malah dapat jadi daya tarik wisata mistis yang disukai. Kesempatan ini kami ingin ajak untuk berjalan-jalan mendatangi obyek wisata mistis di Indonesia.

1. Goa Londa

Goa Londa
Goa Londa

Eksotis serta mistis jadi kombinasi kata yang prima untuk memvisualisasikan satu kuburan yang bernama Londa di Tana Toraja yang dapat disebutkan menjadi tempat wisata mistis dalam goa yang ada dalam suatu bukit. Di dalamnya ada peti mati, tulang-belulang serta tengkorak jenazah yang telah berusia beberapa ratus tahun.

Londa letaknya berada di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Saat sampai di sini, kami langsung lihat barisan patung kayu yang disebut perlambangan jenazah yang dikuburkan disana. Patung-patung itu diketahui dengan panggilan Tau-Tau. Di goa tidak ada penerangan lampu benar-benar, hingga kita begitu memerlukan senter untuk dapat masuk ke serta lihat bagaimana beberapa jenazah orang Toraja dimakamkan. Umumnya di muka goa banyak warga seputar menyewakan lampu petromak serta tawarkan layanan untuk mengantarkan kita dalam goa sekaligus juga menerangkan riwayat mengenai Londa.

Di satu diantara pojok goa kita bisa lihat sepasang tengkorak yang diketahui dengan panggilan Romeo serta Juliet-nya Tana Toraja. Dari pembicaraan warga lokal pada kami, Ke-2 pasangan itu bunuh diri dengan menggantungkan lehernya di pohon yang sama. Gara-garanya ditambah lagi jika bukan terdapatnya satu cinta terlarang, kedua-duanya masih juga dalam satu ikatan keluarga. Larangan tersebutlah yang pada akhirnya membuat mereka bunuh diri. Coba deh buat hadir ke Londa Tana Toraja, di sini adalah satu diantara wisata mistis favorite di Indonesia.

2. Bori Parinding Kalimbuang

Bori Parinding Kalimbuang
Bori Parinding Kalimbuang

Masih tetap di Tana Toraja, Wisata mistis lainnya ialah Bori Parinding Kalimbuang yang mempunyai batu-batu jaman megalitik. Jika kita lihat, batu-batu di sini tersusun rapi serta beragam macam ukuran seperti membawa kita kembali pada jaman purbakala. Batu-batu menhir ini adalah sisi yang tidak terpisahkan dari acara upacara kematian. Denger-denger, satu diantara ketentuan untuk dapat menyimpan batu menhir di Bori Parinding Kalibuang kita harus menyembelih 24 ekor kerbau sampai 100 kerbau, jumlahnya yang dikorbankan sebenarnya tidak berefek pada ukuran tinggi serta rendahnya batu menhir itu, sebab sama juga nilainya menurut tradisi.

Tidak jauh dari berdirinya batu-batu menhir, jika kita berjalan dikit mengarah atas kita akan lihat jejeran kuburan batu besar yang diatur dengan manual sampai berlubang serta berupa balok. Di lubang tersebutlah jenazah orang Toraja yang telah wafat disimpan, dikasih penutup atau pintu serta diikuti dengan nisan bersama photo jenazah sewaktu hidupnya. Lubang-lubang batu itu bukan sekedar untuk menaruh satu jenazah saja tapi dapat untuk beberapa keluarga serta bahkan juga untuk dapat mempunyai lubang dibatu besar ini orang Toraja harus keluarkan uang sampai beberapa ratus juta rupiah.

3. Desa Trunyan

Desa Trunyan
Desa Trunyan

Nyebrang ke Pulau Dewata, Kita pergi ke Desa Trunyan, Bali. Panorama tengkorak yang tersusun rapi diatas satu batu jadi panorama yang wajar waktu kita telusuri Desa Trunyan. Serupa seperti di Londa, jenazah cuma ditempatkan diatas tanah serta dilewatkan demikian saja hingga berkesan mistis serta menyeramkan. Tetapi yang menarik di sini ialah situasi jenazah tidak keluarkan berbau yang menusuk, bahkan juga bertukar dengan berbau harum yang menyodok di sekitar ruang makam. Kata beberapa orang di sini, berbau busuk yang keluar dari badan jenazah diserap oleh pohon taru menyan yang ada di tengah perkuburan Trunyan ini.

Beberapa hal unik lain dari wisata mistis di Desa Trunyan, diantaranya ialah ketentuan spesial mengenai siapa yang bisa dimakamkan disana. Cuma jenazah yang wafat dengan lumrah serta sempat menikah yang bisa ditempatkan di sini. Sesudah jadi tulang belulang jenazah akan disatukan. Tulang tubuh, tangan serta kaki akan ditumpuk di samping pintu gerbang. Tengkorak serta kepala akan diatur diatas dasar batu yang tersusun berjajar dengan rapi.

4. Kandang Menjangan

Kandang Menjangan
Kandang Menjangan

Berubah ke Pulau Jawa, persisnya berada di Yogyakarta. Kita akan temukan satu tempat yang dikatakan sebagai Kandang Menjangan. Kandang Menjangan nama aslinya ialah Panggung Krapyak. Hanya, sebab Panggung Krapyak ini awalannya dipakai menjadi tempat berburu raja-raja Kasultanan Yogyakarta, terutamanya berburu kijang. Tempat ini lebih familiar di panggil Kandang Menjangan. Kijang jika dalam Bahasa Jawa bermakna menjangan.

Kandang Menjangan dipercara warga ditempat menaruh narasi mistis di dalamnya. Ditambah lagi jika malam datang, situasi mencekam dapat kamu temukan serta pas sekali untuk kamu buat jadi wisata mistis sambil uji nyali. Itu beberapa beberapa tempat yang dapat jadikan pilihan untuk coba wisata mistis. Meskipun penuh dengan kengerian, siapa tahu kamu tertarik buat hadir serta nyoba kesana sekalian menguji nyali kamu disana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s